5.2.16

kakaKeira: birth story [post partum]

lanjutan dari sini


jum'at, 16 agustus 2013
2.24 wib

setelah merasakan 'agar-agar' raksasa keluar dr jalan lahir, dan dengerin suara tangis kakak, badan langsung berasa gak bertulang. capek, terharu, deg-degan, lega nyampur jd satu. sampe-sampe saya lupa ngingetin dokter soffin tentang menunda pemotongan tali pusat, tau deh waktu itu jadi ditunda atau gak, udah keburu teler. tapi masih ngliat jelas pas kakak diangkat dgn begitu mudahnya oleh dokter (saking doi udah biasa megang bayi baru lahir kali ya), lalu dibersihkan hidungnya sebelum IMD dan dideketin ke saya untuk dicium pertama kali. dan kata yg pertama saya ucapkan padanya adalah: "assalamualaikum, kakak". lalu langsung brebes mili deh, mewek sejadi-jadinya. cengeng ya  :'D

setelahnya, sesuai janji dokter soffin dan seperti prosedur yg sudah biasa dilakukan di RS ini, proses IMD pun dimulai. awalnya, anak bayi ini ditengkurepin ke perut saya dengan kondisi badannya masih berlumuran darah dan lemak-lemak atau sisa ketuban itu entahlah. ternyata ada tujuannya kenapa badan bayi sengaja gak dibersihkan dulu, yaitu selama proses merayap dari perut, bayi melakukan gerakan semacam 'mengendus' tangannya. konon, aroma tangan yg masih berbalut sisa cairan ketuban itu sama dengan aroma puting. jadi secarang insting dia akan mendekati puting yang baunya udah dia kenali sebelumnya. cmiiw.

nah pas kakak mulai IMD, saya pun mulai dijait. saya gak inget berapa jaitan karena masih asik merhatiin kakak yg lg ngendus-ugetuget-mancal-merayap menuju ke dada. baru beberapa lama kemudian nyadar kok jaitnya gak kelar-kelar sih, dan nanya ke dokter "kok lama ya dok jaitnya". lalu dijawab oleh dokter: "owh iya buk bentar ya ini nunggu jarumnya mau diambilin yg paling besar". saya: "hah? serius dok masih belum selesai?". dokter: "hahahaha.. becanda buk.  nah ini ni hasilnya kalo rajin senam hamil. pinter ngedennya,meringankan tugas saya. hahahaha. selamat yaaa, buuk." kaget juga dengernya, tp duuuuhhh seneng deh dipuji ky gitu.. hahahaha.. *idung kembangkempis*

3.00 wib
dokter soffin pun pamit setelah sebelumnya saya tanya skor APGAR (ada di skor 9) dan kakak masih proses IMD. tapi ini kok lama amat ya IMD-nya gak nyampe-nyampe, gemes deh pengen rasanya langsung angkat ke dada biar bisa langsung hap dapet puting. sebenernya gemes bukan gak sabar nunggu, tapi lebih ke kasihan sama doi yg keliatan megap-megap bagaikan ikan mujair sama takut doi kedinginan. iya, saya tau sih pas bayi baru lahir ditempelkan ke badan ibu, otomatis suhu tubuh ibu dan bayi akan saling menyesuaikan, tapi kan tetep aja khawatir tipikal newly-mom.

perawat beberapa kali ngecek ke bilik, (prosedur kala 4 proses melahirkan) untuk memastikan ibu yg selesai melahirkan tidak mengalami pendarahan. dan pas mba perawat ngecek ke bilik, saya tanya ini gakpapa kelamaan? dibilang gakpapa dilanjutin aja terus sampai dapet, nanti kalo udah lebih dari 1 jam baru dibantu dideketin,, yauda lanjut lagi deh. egh kok ternyata bisa naik juga anaknya, gak kerasa udah deket puting aja, tapi masih bingung gitu keliatannya. setelah beberapa kali nyungsep-coba lagi-nyungsep-coba lagi, akhirnyaaaa dapet juga dia. saya pun takjub dengan reflek menghisapnya yg bagaikan musafir menemukan oase di padang pasir. *halah*

jadi total IMD kakak saat itu kira-kira 1,5 jam. alhamdulillah, salah satu birth plan yg utama bisa terpenuhi. sampai sekarang gak henti bersyukur kalo inget betapa dimudahkan proses persalinan dari kala 1 sampai kala 4  waktu melahirkan kakak kemarin. sembari berdoa semoga proses persalinan untukanak selanjutnya bisa semudah ini atau bahkan lebih mudah lagi. 


4.00 wib
kakak diambil perawat untuk dibersihkan lendirnya, diberi vitamin k dan tes gendang telinga. nah karena kebanyakan nonton drama korea, saya jadi khawatir akan ada insiden putri yg tertukar ala-ala autumn in my heart-nya song hye kyo, jadilah mami saya suruh ngikut si kakak dimandiin.. ehehe
lumayan bisa istirahat sebentar, sambil ngecek si mas udah sampai mana. 

lucunya pas dikirimin foto kakak yg lagi imd, mas jawabnya justru "itu apa?"... yadoooh.. ini anakmu, maaaaas,, anakmuuuu.. T.T
tapi ada benernya juga sih emang foto yg dikirimin anglenya gak oke, cuma keliatan ramput kakak yg masih berbalut darah dan lemak-lemak yg mulai mengering gitu. pantesan bapaknya sendiri aja sampe gak mengenali.. 


mungkin ada yg penasaran.. kan ayahnya gak ikut nemenin, trus siapa yg adzanin? 
well, sejak hamil saya udah ikhlas kalo nanti lahiran gak ditemeni suami, jadi jauh-jauh hari cari info juga tentang hal ini. kebetulan dedi banyak kenal beberapa ustad yg lebih faham dan kami jadi tau kalo sebenarnya ini gak wajib, bahkan ada yg bilang hadistnya lemah. cmiiw.
tapi meskipun demikian, kami mencoba tetap ambil sisi positifnya, kami tau kalo diadzani itu tujuannya agar kalimat pertama yg didengar oleh bayi yg baru lahir adalah kalimat-kalimat Allah. 
oleh sebab itu walo gak diadzani, tapi sepanjang proses kehamilan kakak sering saya dengarkan lantunan ayat suci. selain itu, ketika persalinan sejak masuk ruang bersalin sampai saya dipindah di kamar perawatan selalu ada murottal yg terputar dr handphone saya . jadi insyaAllah yg pertama kali kakak dengar ketika hadir di dunia ini tetaplah ayat-ayat suci. Wallahu A'lam Bishawab.