9.4.16

..talk about pap smear.. (2)

setelah nunggu beberapa hari sejak pap smear di lab, saya dikabarin kalo hasilnya udah keluar. terus langsung diambil deh karena rencananya abis megang hasil, mau langsung konsul ke obsgyn biar bisa diinterpretasiin hasilnya.
 
anyhow,, it took me soooo long to write this post. alesannya karena amplop hasil tes dari Parahita dan buku konsul obsgyn-nya ilang, dicariin gak ketemu-ketemu dari 3 bulan yang lalu. kirain ada ketinggalan di rumah mertua (karena abis konsul sempet tidur di rumah mertua), egh ternyata disana gak ada juga. 😟

sempet males mau lanjutin karena lupa detail hasilnya tertulis kayak apa, tapi terus inget kalo masih ada sms yg dari Parahita. kurang lebih bunyinya sama dengan hasil yang tercetak (tapi sekarang udah hilang itu).
kayak gini ini:



nah pas dapet hasil itu, saya sempet cari informasi dulu tentang gimana interpretasi hasil pap smear. kalo dari baca di sini sih Alhamdulillah hasilnya bagus ya, tapi tetep ngrasa belum lega kalo belum ditunjukin ke obsgyn dan beliau yang langsung jelasin ke kita.

pas masbojo jadwalnya pulang ke Solo, kami berangkat deh ke obsgyn langganan. antri lumayan lama, sampai akhirnya masuk juga kami ke ruang konsul. chit-chat dikit lalu saya jelasin kalo ini cuma mau konsul pap smear dan program hamil kedua, trus dibaca deh amplop yg dari lab itu. 
gak lama kemudian beliau berujar, "waaah bagus ini, buk.. hasilnya normal dan kelas 1. kalo dalam hasil pap smear ini sih yang terbaik, jadi kesimpulannya ibu sehat. gak ada gejala kanker serviks, infeksi, virus dan jamur. udah siap ini berarti kalo mau isi lagi."

abis pak dokter bilang gitu Alhamdulillah rasanya lega. walopun udah tau sebelumnya dari cari info sendiri, tapi rasa plongnya beda gak tau kenapa. 😃

nah setelah yakin dengan hasilnya, saya terus nanya tentang vaksin HPV yang merupakan tindakan preventif lanjutan dari pap smear, karena rencananya emang sebelum hamil pengen vaksin dulu, maksudnya biar sekalian gitu.

pak dokter pun bilang bagus aja kalo misal mau vaksin, bisa langsung beli vaksinnya di apotik RS dan langsung beliau suntikin  pertemuan itu juga. tapi terus jelasin juga bahwa vaksin HPV ini durasinya 6 bulan (diberikan 3x, bulan ke 0-1-6), dan tidak boleh hamil dulu 6 bulan sejak pemberian vaksin yg terakhir, jadi total sejak pertama suntik sampai boleh hamil itu minimal 12 bulan. selama durasi 12 bulan gak disarankan hamil dulu, karena kalo hamil efek vaksin jadi tidak maksimal dan harus diulang dari awal.

sebenernya waktu itu  saya impulsif berseru, "oke gakpapa, dok!"
tapi trus justru diingetin lagi sama beliau, "ibu ni gak KB loh, dengan total durasi 12 bulan gak boleh hamil itu kok agak riskan dan sayang ya rasanya."  
dooeeenggg! iya yaaa malah lupa kalo gak KB. *lirik-lirikan sama suami*. ðŸ˜…😅😅

beliau nambahin juga bahwa sebenernya kalo mau langsung hamil aja gak usah pake vaksin dulu juga gakpapa, toh kalo mengacu dari hasil pap smear ini insyaAllah sama sekali gak ada masalah. dan sekali lagi beliau bilang untuk kami pikir-pikir dulu aja, karena jeda 12 bulan itu gak sebentar. beliau justru menyarankan agar kami program dulu, nanti setelah anak kedua lahir baru vaksin, karena vaksin HPV bisa diberikan pada ibu menyusui.

setelah beberapa detik pandang-pandangan sama masbojo, dan dari sorot matanya terdapat tanda-tanda bahwa dirinya nampak tak sanggup untuk menahan diri hingga 12 bulan lamanya (hahaha 😂😂) akhirnya kami memutuskan untuk gak jadi ambil vaksin HPV saat itu. insyaAllah sepakat mau program hamil dulu, dan semoga selalu sehat sampai sesi pap smear berikutnya (dan dilanjutkan dengan vaksin kemudian). 



jadi, yang kemarin itu saya check-in di obsgyn bulan desember tu bukan (belum) karena hamil yaaa. makanya waktu pada nanya -tentang apakah saya hamil lagi- cuma saya aamiin-in aja, karena sesungguhnya kami emang lagi ikhtiar menuju kesana. *dadagh-dadagh ke temen-temen path* ðŸ˜‰